HEADLINE TEXT MARQUE FITURE | CHANGE ALL OF THIS TEXT WITH YOUR OWN | NDYTEEN

Minggu, 12 April 2009

Sudah banyak tulisan tentang judul diatas dan secara filosofi
Bahwa PUNK dan HARD CORE adalah sebuah generasi yang lahir tumbuh dan berkembang bergeliat tak pernah ada akhir dalam sebuah pembahasan dan analisa budaya
Sebenarnya pembahsan tetang PUNK dan HARDCORE adalah pembahasan yang selalu mengalami pengulangan tapi bukan menjadi masalah penting.
Secara mendasar pertanyaan yang timbul adalah APA PUNK BAGI KALIAN?? Dan APA PUNK ITU ??? ADA APA DENGAN PUNK ?? DAN APA YANG TELAH DILAKUKAN PUNK..??
Sejauh yang sudah ada telah banyak terbitan yang membahas PUNK dalam sudut pandang budaya maupun sudut pandang umum. Ok kita bahas dari sudut pandang yang paling mudah yaitu dari sisi sejarah. Bahwa PUNK secara ilmiah tidak pernah tertulis jelas kapan muncul dan siapa perintis awalnya, sama halnya telor dengan ayam munculnya duluan mana..?? pasti tidak akan pernah ketemu ujung ceritanya dan sangat sulit untuk merumuskan keberadaan PUNK. Bahkan budayawan amerika yang menulis asal muasal punk di sebuah terbitan terkenal Maximum Rock’N Roll pun sampai jenggotan mengulas ujung-ujungnya Cuma biographi saja. Di Era 60-70 Punk sudah dikenal kita ambil contoh RAMONES, IGGY POP, THE CLASH, SEX PISTOL, masih banyak saya nggak hafal (mungkin kalian juga sudah akrab dengan nama itu).namun sebelum itu di Era 60 an banyak gerakan pemuda yang bergejolak mengenakan atribut Rock yang lebih aku sebut Rock out law (Rock perlawanan) yang mirip dengan style dan gaya hidup para PUNK di era tersebut, dan di eranya mereka mencoba memberi kesan dan arti atas komunitas yang dibentuk. Atau lebih enak ngomongnya komunitas perlawanan yang mereka bentuk di era itu sangat berarti. Dan gerakan-gerakan ini (perlawanan) terus berkembang dan di bawa oleh komunitas PUNK hingga era 90an, bahkan hingga kini namun selalu mengalami perkembangan. SECARA MUSIKAL BEAT-BEAT PUNK DIERA 70-80 an yang dirintis oleh band sekelas SEX PISTOLS, RAMONES, THE CLASH, IGGY POP, DISCHARGE, dan lain-lain, kita dapat lihat dari apa yang mereka bawakan dan mereka sampaikan lewat lagu mereka terdapat kesan dan pesan, selalu membawa sebuah permasalahan dieranya. Mungkin akan terus seperti itu.


Kita lihat lagi ke sisi style dan gaya para PUNK pada dasarnya tidak mengalami banyak perubahan yang begitu signifikan (mencolok) seperti MoHawk dan jaket spike mungkin sedikit ditambah sepatu boot atau emblem. Filosaofinya kenapa harus Mohawk,..? dari sejarah kita ambil pengertian bahwa Mohawk adalah suku tertua di benua Amerika yang di habisi oleh pendatang paska ekspansi Collombus. Kesimpulannya Punk mengadopsi gaya rambut ini sebagi bentuk kepedulian terhadap suku asli sebagai pewaris tunggal benua Amerika (yang kini sudah mulai habis). Jaket spike, boot, emblem saya lebih mengartikannya ekstrem atau radikal. Meskipun hal ini tidak pernah ada rumusan atau keharusan bahwa PUNK harus ber Mohawk, bahwa PUNK harus ini dan harus itu. Tapi yang jelas dari sisi penampilan PUNK mengenakan apa yang dirasa perlu dan paham apa yang dikenakan (pakai) . jadi pakailah apapun sesuai yang kamu tahu dan kalaupun kalian mendapatkan permasalahan tetang istilah atau hal baru yang kurang kalian mengerti maka jangan pernah merasa malu untuk mencari tahu karena mencari tahu itu tidak akan mengurangi apapun dari hidupmu.

Sumber Artikel

Komentar :

ada 0 komentar ke “ ”

Posting Komentar